2021 IPSI Maluku Gelar Pelatihan Wasit Juri

  • Whatsapp

Ambon,MalukuSport – Tahun 2021 akan menjadi Fokus Ikatan Pencak Silat ( IPSI) Maluku untuk melakukan penyegaran terhadap lembaga wasit,juri maupun turnamen-turnamen pencak silat yang akan di selenggarakan oleh pengurus IPSI Maluku di bawah kepemimpinan Djalaludin Salampessy dan kawan kawan.

Tekad dan komitmen ini untuk memajukan IPSI Maluku,hal ini terlihat di akhir  tahun 2020,IPSI Maluku melakukan rapat bersama Lembaga Wasit Juri pada beberapa waktu lalu di salah satu Cafe di Kota Ambon..

Ketua ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI) Maluku  Djalaludin Salampessy  kepada N25 Maluku Sport mejelaskan bahwa rapat saat ini di fokuskan kepada lembaga wasit juri dimana lembaga wasit juri ini  merupakan inti dari kemajuan IPSI Maluku ke depan.

Oleh sebab itu lanjut Salampessy,bila lembaga wasit juri bisa berjalan dengan baik maka penguatan pembinaan di tingkat provinsi/ Kabupaten/kota bahkan sampai pada tingkat perguruanpun bisa memberikan penguatan pada tingkat sumber daya manusia ( SDM) sehingga silat nantinya akan memiliki kemampuan SDM yang kuat khususnya IPSI Maluku.

” Ke depan IPSI Maluku akan berhadapan  dengan jadwal- jadwal pertandingan yang padat sehingga pada awal tahun 2021 IPSI Maluku akan menyelenggarakan pelatihan khusus bagi para wasit juri pencak silat di Maluku sebab seorang wasit atau Juri harus benar-benar paham tentang aturan di IPSi apalagi ada  aturan terbaru sehingga perlu di adakan pelatihan bagi mereka para wasit juri,”ujar Salampessy.

Katanya lagi,untuk kegiatan pelatihan wasit juri sendiri akan di atur oleh Lembaga Wasit Juri itu sendiri dari penjadwal sampai pada hal-hal teknis sebab itulah aturan organisasi yang berlaku di IPSI.

Untuk itu selaku Ketua IPSI Maluku Salampessy sangat memberikan aspresiasi yang baik terkait dengan rapat hari ini, karena ini merupakan awal yang baik untuk sama-sama mendorong untuk kemajuan IPSI ke depan.

“Pertemuan hari ini selain  membahas pelatihan wasit juri di bahas juga Bagaimana keterlibatan perguruan dengan mengirimkan pelatih-pelatihnya serta dewan jurinya maupun wasit yang selama ini terlibat baik itu berdasarkan klasifikasi tingkat Kabupaten/kota, Provinsi maupun perguruan pencak silat yang anggotanya pernah terlibat di tingkat nasional. Sehingga ke depannya semua bisa mengetahui peraturan peraturan terbaru dari IPSI dan mekanisne bertanding guna kemajuan IPSI Maluku Ke depan,”ujar Ketua IPSI Maluku ini.

Sementara itu untuk  Plening ke depan kata Salampessy  adalah bagaimana caranya sumber Daya manusia ( SDM) wasit juri ini bisa memahami dan menerapkan kaidah- kaidah baru atau aturan aturan baru yang ditetapkan oleh IPSI di tingkat Nasional karena kemajuan IPSI di ikuti oleh penguatan Sumber daya manusia wasit juri yang baik. Serta akan mendorong agar perguruan- perguruan akan mengerti tentang tata cara Pengelolahan pertandingan secara keteknikan maupun Admistrasi penilaian sehingga dalam setiap pertandingan akan berjalan dengan baik pula.

Penulis : Santos W

Editor : Redaksi

Related posts