Alberto Riupassa  Akan Mendorong Potensi SDM SBB Di Dunia Olahraga

  • Whatsapp

 

SBB,MalukuSport -Dari sekian banyak anak muda di Maluku baik ASN, Aktivis, bahkan politisi lebih banyak berbicara tentang Politik saat ini.

Namun berbeda dengan anak muda yang satu ini sebagai seorang ASN dirinya juga lebih fokus untuk mendorong Sumber Daya Manusia ( SDM) di bidang olahraga, sosok tersebut sebut saja Alberto Riupassa ASN pada Kantor Kecamatan Inamosol.

Dirinya saat ini lebih banyak untuk mendorong Sumber Daya Manusia khususnya anak muda untuk Olahraga, baik untuk Seorang wasit, Juri, Pengawas pertandingan maupun pelatih.

Pria kelahiran 7 September 1983 ini ketika di temui beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa dirinya akan fokus untuk mendorong Sumber Daya Manusia ( SDM) Generasi muda Maluku lebih khusus di Kabupaten Seram Bagian Barat ( SBB) di mana saat ini menjadi tempat pengabdiannya sebagai seorang ASN.

“Di Kabupaten SBB memiliki Sumber Daya Manusia yang banyak namun SDM-SDM tersebut perlu di dorong dan di asah lagi sehingga saya dan beberapa teman yang mencintai Olahraga akan bekerjasama guna mendorong SDM di sana khususnya Olahraga,”jelasnya.

Sebab di SBB kata Riupassa, sangat Berpotensi untuk melahirkan SDM untuk olahraga, atlet mau berprestasi butuh pelatih dan jajaran yang punya kualitas yang bagus.

Berto sapaan akrab Riupassa mengatakan saat ini dirinya dan beberapa teman-teman telah mendorong potensi SDM di Sepak bola,misalnya menjadi Pelatih berlisensi,Wasit berlisensi.

“Ke depannya juga harus punya pengawas pertandingan Nasional lagi bukan saja di sepak bola hal ini sudah kami  lakukan termasuk Futsal juga,”tambah Riupassa.

Kedepan katanya akan bekerjasama dengan Dispora Kabupaten SBB, KONI SBB dan seluruh Cabang Olahraga untuk mendorong lebih banyak lagi SDM di SBB untuk menjadi wasit, Juri, Pelatih di semua cabang olahraga sehingga SBB tetap menjaga tradisi melahirkan atlet-atlet potensial dan SDM yang memadai sebab di SBB banyak mantan atlet yang berprestasi.

“Dengan banyaknya mantan atlit mereka-mereka dapat   dorong anak muda  yang punya potensi untuk terjun ke dunia olahraga,” ungkapnya.

Namun lanjut Riupassa, SDM -SDM olah raga harus di dukung dengan Inspratruktur memadai dan  juga dirinya akan mendorong ke pemerintah daerah terkait dengan persoalan Inspratruktur.

FROFIL Singkat Alberto Riupassa  di Olahraga:

1. Mengawali Karier sebagai pelatih futsal.

2. Pernah mengantar Jong Hasa meraih gelar juara Piala Walikota Ambon tahun 2011.

3. Wasit Nasional Futsal dan sepak bola mengawali karier wasit tahun 2012.

4. Pengawas pertandingan Nasional pernah bertugas di liga tiga dan piala Soeratin tingkat Nasional.

5. Pengurus Asprov PSSI Maluku.

6. Pernah menjabat sebagai Plt Sekjen Asprov PSSI Maluku.

7. Sekretaris Perssoci SBB..

8. Pengurus IPSSI Maluku.

9. Bergabung dengan Event organizer Haga Caballus Sportindo sebagai salah satu Manager nerupakan Event organizer Olahraga pertama di Maluku dan Indonesia timur.

10. ASN pada Kantor Kecamatan Inamosol kab SBB.

Penulis : Santos Walalayo

Editor : Redaksi

Related posts