ASPROV PSSI Maluku Mempromosikan Yermias Tepal Sebagai Wasit Liga 1

  • Whatsapp

Ambon,MalukuSport-Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( Asprov PSSI) Maluku dalam tahun 2020 ini selain fokus untuk memutar kompetisi kompetisi yang lebih bayak,tapi juga mendorong sumber daya manusia ( SDM) dari Maluku untuk mengikuti kursus wasit maupun mendukung wasit yang sudah ada ke level yang lebih tinggi lagi.

Hal ini dikatakan Ketua Asprov PSSI Provinsi Maluku Sofyan Chan Lestaluhu kepada N25 Sport disela-sela pembukaan kursus wasit C3,C2 dan pengawas pertandingan Asprov PSSI Maluku,di Ambon belum lama ini.

Menurutnya,saat ini sumber daya manusia di Maluku sangat banyak namun belum mempunyai kemauan untuk mengikuti kursus wasit maupun pengawas pertandingan sehingga di sayangkan,namun saat ini ia bertekad untuk mendorong salah satu wasit Nasional asal Maluku Yermias Tepal ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Saat ini wasit nasional kita seperti Yermias Tepal,memiliki lisensi wasit nasional pada level Liga Dua (2),maka itu Asprov Maluku akan merekomendasikan ke PSSI Pusat untuk tahun 2020 ini,Yermias Tepal untuk mengikuti penyegaran wasit,agar pada tahun 2021 Tepal sudah bisa memimpin pertandingan Liga 1,”kata Lestaluhu.

Lebih lanjut,ia mengatakan,pihaknya mendorong Yermias Tepal menjadi wasit pada level yang lebih tinggi,berdasarkan kualitas yang dimilikinya,hal tersebut terlihat pada saat dia memimpin pertandingan final liga 2 dan sebagai asisten wasit,dengan mempertotonkan kualitanya sebagai wasit yang pantas berada di lever yang lebih tinggi.

Selain itu,Lestaluhu menandaskan pihaknya selain mendorong Tepal ke level atas,namun pihaknya juga akan mendorong beberapa wasit yang juga mempunyai potensi,untuk mengikuti kursus wasit yang lebih tinggi seperti kursus wasit dari C3 ke C2 tingkat provinsi serta C2 ke C1 tingkat nasional,serta mendorong pengawas pertandingan ke level yang juga tinggi.

“Sebenarnya Maluku juga sudah mempunyai dua orang pengawas pertandingan level nasional yang sudah bertugas di liga tiga yaitu Rahman Latuconsina dan Alberto Riupassa serta kita Asprov PSSI Maluku punya salah satu wasit dan instruktur tingkat Nasional yang bernama Hamid Angio,”jelas Lestaluhu.

Dijelaskannya Makuku mempunyai potendi yang bagus,namun perlu ada dukungan agar ke depan kegiatan-kegiatan kursus seperti ini mereka harus mengikutinya,bagi yang mau berkiprah di dunia wasit sepak bola,pengawas pertandingan maupun meskom serta beberapa lainnya lagi.

“Untuk itu,saya berharap ada dukungan dari semua stekholder di daerah ini,karena kursus wasit ini sangat penting sehingga kita perlu mendorong sumber daya manusia yang ada di Maluku,”tandas Lestaluhu.

Reporter : Jose Santos Walalayo
Editor : Aris Wuarbanaran

Related posts