Asprov PSSI Maluku Mengadakan Kursus Wasit Dan PP Tahun 2020.

  • Whatsapp

Ambon,MalukuSport -Asosiasi PSSI Provinsi Maluku resmi mengadakan kursus wasit C3, C2 dan Pengawas pertandingan Tahun 2020 yang berlangsung dari tanggal 28-31 Januari di balai Diklat pertanian Waiheru Kota Ambon.

Hadir dalam pengambilan kursus tersebut peserta dari beberapa kabupaten kota di Provinsi Maluku dan ada juga dari luar Provinsi Maluku yang mengikuti kegiatan tersebut.

Hal ini di sampaikan Ketua Asprov PSSI Maluku Sofyan Chan Lestaluhu dalam sambutannya,Ia sangat menyambut baik kegiatan kursus wasit C3, C2 dan Pengawas pertandingan sebab ini sangat penting bagi Asprov PSSI Maluku  agar menambah lagi wasit- wasit berkualitas dari Provinsi Maluku.

Selain itu tambah  Lestaluhu, sepak bola bukan saja berbicara tentang pemain tetapi berbicara secara umum ada kompetisinya, Kepelatihan, perangkat pertandingan.

Bahkan perangkat pertandinganpun kata Lestaluhu,di bagi menjadi beberapa bagian lagi, sehingga Asprov PSSI Maluku punya target kedepan dari kursus ini yakni untuk menambah jumlah wasit dari Provinsi Maluku sebab pada tahun 2020 ini banyak kompetisi yang akan di gelar oleh PSSI Sehingga dengan banyak kompetisi tersebut membutuhkan perangkat pertandingan yang banyak.

“Untuk itu kami dari Asprov PSSI Maluku melalui Direktur Perwasitan membuat kegiatan kursus wasit C3, namun ada juga wasit C2 dan Pengawas pertandingan,” katanya.

Menurut mantan Sekjen Asprov PSSI Maluku ini, dulu Maluku punya wasit-wasit yang bagus seperti Umarela kakak beradik,Om Yesayas dan saat ini juga serta saat ini kita masih punya Yermias Tepal yang sekarang telah menjadi wasit Nasional liga 2.

“Untuk itu saya berharap kepada para peserta kursus jangan hanya mengejar Lisensi atau sertifikat saja namun harus buktikan kualitas bahwa kita orang Maluku juga bisa,”tandasnya

Jadi Lestaluhu sebut,mulai dari saat ini mari tanamkan komitmen dan tekad yang kuat, bahwa kami harus bisa menjadi orang besar di perwasitan sehingga ke depan saudara saudara bisa menjadi wasit liga 3 liga 2 bahkan liga 1  Nasional.

“Saya mau katakan jangan hanya mengejar sertifikat namun ilmu sangat penting,”tegasnya.

Lestaluhu  sangat berterima kasih kepada dua orang Pemateri atau Instruktur yang  telah bersedia untuk membantu Asprov PSSI Maluku dalam kegiatan ini sehingga ilmu yang di turunkan dapat bermanfaat bagi para peserta dan bagi peserta dari luar Maluku makasih sudah mau bersedia dan bergabung untuk mengikuti kursus di Kota Ambon Provinsi Maluku.

“Dari tempat ini saya yakin akan lahir Yermias Yermias Tepal yang baru dari Maluku untuk menjadi wasit Nasional,”katanya dengan memberi semangat sambil di sambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para peserta.

Sementara itu di tempat yang sama Yermias Tepal wasit Liga 2 Nasional asal Provinsi Maluku pada kesempatan yang sama memberikan motifasi kepada para peserta menurut Tepal dirinya bisa sampai saat ini berkat dorongan dan dukungan dari Asprov PSSI Maluku serta para senior sehingga saya bisa berada di level seperti ini.

Tepal tegaskan jangan takut untuk menjadi seorang wasit dan ketika menjadi seorang wasit harus benar benar komitmen memimpin pertandingan dan harus benar benar berkualitas sebab dari situ kita akan di perhitungkan bahkan Tepal mengatakan ketika dirinya mau berkiprah di perwasitan dirinya menjual kayu besi dua kubik untuk mengasikkan uang demi mengikuti kursus wasit dan puji Tuhan hasil dari penjualan dua kubik kayu besi dirinya bisa berada sampai sekarang ini untuk itu buat teman teman yang mengikuti kursus ini teruslah belajar dan bejalar agar ke akan lebih baik lagi.

Sedangkan Direktur Perwasitan Hamid Angio ketika di hubungi dirinya mengatakan bahwa kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28-31 Januari 2020 untuk peserta sendiri secara keseluruhan sebanyak 35 peserta 32 orang peserta berasal dari Kabupaten kota di Maluku dan 3 orang peserta berasal dari Kota Sorong.

Editor : Redaksinya

Related posts