Kab Buru Juara Umum Tinju Amatir Gubernur Maluku Tahun 2019

  • Whatsapp

Ambon,MalukuSport – Kabupaten Buru  berhasil meraih juara umum di kejuaraan Tinju Gubernur Maluku Tahun 2019 yang di selenggarakan dari tanggal 27-30 Desember 2019.

Juara umum ini diraih setelah mengumpulkan nilai  dengan total poin 28 poin dan  di susul Kota Bogor Jawa Barat pada posisi ke-2 dengan 22 poin, posisi ke 3 Kota Makasar, posisi ke-4 ada tutwuri Handayani atau PPLP Maluku, posisi ke-5 Hatu Telu Piru Boxing Camp, ke-6 ada Nunusaku Ambon, di ikuti oleh Tusasa dan Hatalai maupun Tulehu Boxing Camp.

Kejuaran Tinju Amatir Piala Gubernur Maluku ini,petinju- petinju Kabupaten Buru berhasil meraih prestasi terbaik seperti Rocef Souhoka, Jance Masrikat, Julius Lumoly, Buce Tibalimeten berhasil meraih medali emas sedangkan Frangky Latuperissa, Novi Sahuleka, Chrisno Soplanit berhasil meraih medali perak.

Bupati Kabupaten Buru Ramly Umasugi memberikan aspresiasi kepada pada petinju Kabupaten  Buru yang telah berhasil mempersembahkan juara umum kepada Kabupaten Buru.

“Otomatis para perah petinju ini ke depannya akan di perhatikan dari berbagai unsur, “ungkap bupati pada saat di wawancarai oleh N25 Maluku Sport.

Menurut Umasugi mereka para juara ini akan menjadi contoh bagi Kabupaten  Buru ke depan untuk melahirkan para petinju- petinju di Kabupaten tersebut.

“Setelah kejuaraan ini saya akan mengintruksikan kepada Pertina Kabupaten Buru untuk terus membina para petinju  agar ke depannya dapat kembali mempertahankan gelar juara umum Piala Gubernur Maluku dan gelar juara juara lainnya,”harapnya

Umasugi juga mengakui kalau para petinju merupakan petinju -petinju terbaik yang di rekrut untuk membela Kabupaten Buru dalam tim ini, ada 3 petinju merupakan petinju PON Papua 2020.

“Untuk itu kedepannya kami berencana akan mengadakan kejuaraan- kejuaraan tinju di Kabupaten  Buru agar kita kembalikan lagi admosfer tinju Maluku yang sudah hampir hilang,” katanya.

Sementara itu Manager Tim Tinju Kabupaten Buru, Rendy Nanulaitta ketika berbincang bincang dengan N25 Maluku Sport menuturkan, kualitas para petinju Buru awalnya, kami tidak meragukan mereka sebab mereka merupakan petinju-petinju terbaik di Maluku yang sudah punya jam terbang yang begitu banyak.

“Saya berharap ke depannya 3 petinju yang lolos ke PON  dan memilih untuk membela Kabupaten Buru di Piala Gubernur Maluku ini bisa memberikan yang terbaik untuk Maluku di PON Papua 2020 nantinya,”tandasnya.

Sedangkan petinju Kabupaten  Buru Buce Tibalimeten, sangat bersyukur bisa menjadi juara di kejuaraan ini sebab kejuaraan Gubernur Maluku Tahun 2019 ini juga merupahlkan uji coba bagi dirinya dan teman- teman  yang sudah lolos ke PON Papua 2020 agar tetap fokus untuk berlatih.

Dirinya juga meminta dukungan doa kepada masyarakat Maluku kepada dirinya dan kawan kawan nanti ketika menuju Papua 2020 .

Untuk di ketahui pada pertandingan akhir atau babak final kejuaraan Piala Gubernur Maluku terdiri dari 9 partai final antara lain:Kelas 46 kg Elitte Mens petinju Kab Buru harus menerima kekalahan dari petinju Kota Makassar Samsudin sirajudin, kelas 49 kg Elitte Mens Rocef Souhoka Kab Buru menang angka atas Apriyadi Difinubun dari Kota Bogor, kelas 52 kg Elitte Mens Novi Sahuleka Kab Buru harus mengakui keunggulan Petinju Josua Masihor Kota Makasar, kelas 56 kg Elite mens Hendra Souissa Kota Bogor menang angka atas petinju Solifudin dari Makasar, kelas 60 kg Elite mens Jance Masrikat Kab Buru menang angka atas Chisty Solissa dari sasana Hatu Telu Piru Boxing Camp, kelas 64 kg Elite mens Julius Lumoly dari Kab Buru menang angka telak atas sesama petinju Buru Chrisno Soplanit, kelas 69 kg Elite mens Buce Tibalimeten menang angka atas sesama petinju yang berasal dari Lohiatala yang bermain untuk sasana Nunusaku Ambon Stevy Nilokebu, kelas 75 kg Elite mens Ongen Laturake dari sasana Tusasa Lumoly Kab Seram Bagian Barat harus benar mengakui petinju muda Arter Tahalele dari Tutwuri Handayani Maluku Laturake kalah setelah pada ronde kedua Laturake menyatakan mundur pada ronde kedua, sedangkan pada partai tinju terkhir di kelas 81 kg Elite mens Maikhel Muskitta Kota Bogor terlalu tangguh untuk Frangky Sapteno dari sasana Hatalai Sapteno KO pada ronde kedua sehingga pada pertandingan partai final ini di menangkan dengan muda oleh petinju PON Jawa barat berdarah Ambon gunung ini.

Reporter : Santos W

Editor : Redaksi

Related posts