Kaget PSA Hilang,Menpora Minta Maluku Kembalikan Jati Diri Sebagai Gudang Atlit Berprestasi

  • Whatsapp

Ambon,MalukuSport-Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) Republik Indonesia ( RI) Zainudin Amali,mengatakan,ia sangat kaget ketika mengetahui salah satu club sepak bola asal kota Ambon yaitu Persatuan Sepak bola Ambon yang lebih dikenal dengan PSA sudah fakum dan hilang dari perhelatan sepak bola.

“Saya kaget mengapa PSA tidak ada lagi ?,tadi bertanya kepada Kadispora provinsi Maluku,saya tidak lihat PSA di liga 3,2 dan liga 1 ini sangat disayangkan,”kata Amali dalam sambutannya pad acara makan malam bersama Forkopimda provinsi dan kota,Dispora provinsi Maluku dan kota,serta organisasi cipayung di kediaman Walikota Ambon,rabu (05/02/20).

menurutnya,pihak Kemenpora sangat memberikan apresiasi kepada salah satu putra terbaik Maluku yaitu Dirk Soplanit,yang merupakan Exco PSSI Pusat,namun ironinya tidak mempunyai club sepak bola.

“Ketika saya tahu Bing Dirk Soplanit merupakan putra Maluku, saya selalu mengatakan kepadanya kalau pak Dirk Soplanit merupakan Exco PSSI yang tidak punya club’ sepak bola puji Menpora disambut aplaus meria dari tamu undangan.

Selain itu katanya,ketika dirinya berkesempatan mengunjungi Stadion Mandala Remaja Karang Panjang Ambon,ia sangat kaget,sebab satu-satunya stadion kebanggaan orang Maluku ini,sangat tidak layak untuk digunakan,mulai dari keringnya rumput lapangan dan kondisi fisik stadion serta sarana olahraga lainnya sangat memprihatinkan.

Dijelaskannya,Stadion Mandala yang saat ini seperti stadion stadion di tahun 80 an, bahkan dirinya juga bersama rombongan mengunjungi tempat pemusatan latihan atlet Maluku di kawasan PPLP Maluku dirinya sangat terharu dimana dengan prasarana olahraga yang apa adanya namun mempunyai semangat juang yang tinggi.

“Luar biasa tempat pemusatan latihan PPLP ini,minim sarana prasarana,namun berhasil melahirkan atlit-atlit berprestasi dari Maluku,olehnya Maluku harus kembalikan jati dirinya sebagai gudang atlit berprestasi di Indonesia,”puji Menpora.

Untuk itu dirinya,meminta dukungan penuh dari masyarakat Maluku untuk program-program dari Kemenpora ke depan salah satunya Presiden Jokowi telah mengintruksikan kepada Menpora untuk segera berkonsentrasi di cabang-cabang olahraga olimpiade seperti bulu tangkis, angkat besi dan tinju untuk masuk camp latihan Menpora,dari Maluku berpeluang.

Adapun,Menpora menegaskan bukan saja masyarakat di ajak untuk mendukung program-program Kemenpora,namun juga di tahun 2020 ini ada agenda olahraga bertarap nasional dan internasional misalnya PON Papua serta Olimpiade Tokyo tahun 2020 serta di 2021 juga ada 24 negara akan hadir di Indonesia dalam mengikuti piala dunia sepak bola U20.
Sebab menurutnya lagi,di sepak bola banyak sekali bertebaran anak anak Maluku dari kabupaten/ kota di Maluku bertebaran di berbagai provinsi yang ada di Indonesia bahkan dirinya juga melihat Maluku punya potensi yang besar untuk menjadi tuan rumah cabang olahraga olahraga lainya.

Serta dirinya juga mengatakan kalau pada tahun 2021 Indonesia juga akan menjadi tuan rumah MotoGP di sirkuit Mandalika provinsi Nusa Tenggara Barat yang merupahkan sirkuit terindah di dunia.

“Saya sangat yakin ke depan provinsi Maluku akan maju sebab di staf kusus Menpora adalah anak Maluku Bung Feno Tetelepta,sehingga saya sangat optimis olahraga Maluku kedepannya akan maju,”tandas Menpra.

Reporter : Jose Santos Walalayo
Editor : Aris Wuarbanaran

Related posts