Semangat Nasionalisme dalam ruang lingkup Olahraga

  • Whatsapp

Oleh : MINSEN TENINE, S,Pd

Ketua bidang olahraga Gerakan pemuda Marheinis Maluku.

N25NEWS.com -Nasionalisme merupakan suatu Paham Kebangsaan yang timbul karena adanya perasaan senasib untuk hidup bersama sebagai suatu bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat dan maju dalam satu kesatuan bangsa, negara, dan cita cita bersama untuk mencari dan memelihara serta mengabdikan indentitas, persatuan, kemakmuran serta kekuasaan atau kekuatan negara kebangsaan yang bersangkutan.

Secara objektif Nasionalisme mengandung unsur unsur seperti Bahasa, ras, etnik,Agama, peradaban. Wilayah negara dan kewarganegaraan ini Merupahkan faktor faktor atau unsur unsur pokok nasionalisme yang objektif dan sangat kuat membentuk nasionalisme serta membantu mempercepat proses evolusi Nasionalisme ke arah pembentukan negara Nasional.

Setiap anak bangsa harus menanamkan jiwa dan rasa nasionalisme dalam diri agar kelak bisa memajukan bangsanya sendiri.

Olahraga merupakan salah satu alternatif yang dapat di gunakan untuk menumbuhkan serta membangkitkan semangat Nasionalisme dalam jiwa setiap anak bangsa, dalam upaya membina dan memupuk rasa nasionalisme di mulai dari hal-hal kecil dalam kelompok serta tim atau regu maupun kedaerahan untuk menuju ke Nasional.

Di dalam olahraga, makna Nasionalisme berarti adalah kebersamaan untuk memiliki, ikut merasakan dan tanggung jawab kepada bangsa, negara untuk mengangkat harkat martabat walaupun dalam hal ini merasa rugi, sakit, susah dan senang itu bisa di rasakan secara bersama dan di dalam olahraga, jika seseorang mempunyai jiwa kebersamaan yang tinggi tentu akan berusaha sebaik baiknya karena dia sadar bahwa apa sang di beri kepadanya adalah sebuah tanggung jawab untuk berjuang secara bersama dalam sebuah tim untuk mengharumkan nama bangsa dan negara.

Sehingga olahraga sangat tepat di jadikan sebagai sarana untuk memupuk semangat nasionalisme pemuda bangsa Indonesia.

Related posts