Walalayo Titipkan Beberapa Program Olahraga Kepada KNPI Malteng Untuk di Kawal

  • Whatsapp

AMBON,N25NEWS.com – Joses Dos Santos Walalayo selaku perwakilan DPD KNPI Provinsi Maluku yang hadir pada Musda ke-XIV DPD KNPI Maluku Tengah beberap waktu lalu,menitipkan beberapa poin kepada Ketua DPD KNPI Maluku Tengah Terpilih Periode 2020-2023 terutama pada Bidang Pemuda dan Olahraga.

Pantauan N25NEWS.com Walalayo terlihat memberikan masukan maupun usul saran pada saat pembahasan komisi komisi yang berlangsung di Hotel Lulu kawasan Lesane kota Masohi.

Poin poin tersebut antara lain:
1. Memperjuangkan pemekaran Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora) Maluku Tengah dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

2.Mendesak Pemerintah Maluku Tengah untuk segera melimpahkan kewenangan Pelaksanaan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Tengah ke Dinas Pemuda dan Olahraga atau bidang dinas terkait yang menangani bidang Olahraga, sebab berdasarkan undang undang nomor 3 Tahun 2005 tentang sistem Keolahragaan Nasional, Peraturan pemerintah nomor 16 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan olahraga serta surat edaran menteri dalam negeri nomor 978/755/SJ tanggal 6 Februari 2017 tentang peningkatan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerah.

3. DPD KNPI Maluku Tengah harus mendorong pembentukan pusat pendidikan dan latihan pelajar daerah ( PPLPD) bagi kabupaten Maluku Tengah atau minimal kelas khusus olahraga pada jenjang pendidikan SD/MI, SMP/ Mts, SMA/SMK/MA di kabupaten Maluku Tengah dengan membina minimal satu cabang Olahraga unggulan.

4. Mengawal pengembangan sarana dan prasarana di Kabupaten Maluku Tengah.

5. Mengawal serta mendorong pengembangan Pemuda Kreatif dan Wira usaha muda pemula di kabupaten Maluku Tengah.

6. Mendorong percepatan Pembentukan badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia ( BAPOPSI) cabang kabupaten Maluku Tengah.

7. DPD KNPI Maluku Tengah Harus terlibat dalam pekan Kreatifitas pemuda Tahun 2021 di kabupaten seram Bagian Barat.

8. DPD knpi Maluku Tengah harus terlibat di pekan olahraga unggulan pemuda tahun 2021 yang di laksanakan di Kabupaten Kepulauan Aru.

9. Mendorong Pelaksanaan Jambore pemuda Indonesia menjadi angenda rutin kegiatan pemuda pada Dinas terkait yang menangani bidang pemuda dan olahraga di Kabupetan Maluku Tengah.

10. Harus ada perwakilan DPD KNPI Maluku Tengah untuk mengikuti kegiatan Haornas tingkat Provinsi Maluku tahun 2021 di Kabupaten SBB..

Untuk itu dirinya menitipkan program program tersebut untuk segera di kawal sebab program- program ini sanagat penting bagi para pemuda di Kabupaten Maluku Tengah sehingga KNPI Maluku Tengah selaku wadah berhimpun untuk para pemuda yang tergabung dalam Cipayung, OKP, OKPI harus benar-benar mengawal dengan baik agar pemuda Maluku Tengah di libatkan oleh Pemerintah Maluku Tengah.

Menurut Wakil Ketua Bidang Seni dan Olahraga Kosgoro 1957 ini semua program yang di sampaikan oleh dirinya itu merupakan program yang telah di bahas pada saat kegiatan Forum OPD Kepemudaan dan Olahraga lingkup Pemerintah Provinsi Maluku Dan kabupaten/ kota pada tanggal 18 Februari Tahun 2020 di kota Ambon yang di hadiri oleh kepala-kepala Dinas Pemuda dan Olahraga maupun Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga untuk kabupaten Maluku Tengah sendiri di hadiri oleh Mansur Tuakia selaku kepala bidang sehingga perlu di kawal dengan ketat selain program-program bidang lainnya.***

Related posts